Jumat, 31 Desember 2010

Sejarah Microsoft Word

Word proccessing merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk melaksanakan tugas-tugas dalam mengolah kata. Seperti untuk pembuatan surat, penyusunan kalimat, ataupun artikel. Dalam perkembangannya, dengan dasar word processing ini juga dapat dibuat menjadi berbagai pengolah grafis seperti banyak dimanfaatkan di dunia penerbitan dan percetakan.
Sebenarnya ada beberapa word processing yang pernah dikenal seperti Word Star, Word Perfect, maupun Microsoft Word. Begitu juga untuk sistem operasinya, ada yang berbasis DOS, McCintosh, atupun Windows. 
Tentu Anda masih ingat bagaimana repotnya saat kita menggunakan pengolah kata berbasis DOS yang harus main copot disket. Namun kini banyak pengguna lebih mengenal pengolah kata produksi Microsoft yang lebih stabil dengan fitur yang sangat fungsional.
Kerugian
Namun tahukah Anda bahwa sejarah ms word atau pengolah kata yang diproduksi oleh Microsoft ini juga cukup berliku. Dan tahukah Anda bahwa konsep word processing ternyata banyak diambilkan dari pengolah kata berbasis grafik yang telah lahir duluan. Bravos, pengolah kata berbasis grafik diciptakan oleh Charles Simonyi saat masih bekerja di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). 
Setelah Simonyi pindah ke Microsoft bersama Richard Brodie pada tahun 1981, keduanya kemudian mengembangkan konsep temuannya itu menjadi Multi Tool Word pada awal tahun 1983. Dalam tempo 8 bulan kemudian Microsoft berhasil membuat Word for MacIntost untuk IBM.
Namun, dibandingkan Word Star dan Word Perfect, program pengolah kata yang lebih dikenal saat itu, Microsoft Word memiliki banyak kelemahan karena tidak menerapkan konsep what you see is what you get (wysiwyg).
Setelah dilakukan penyempurnaan dengan konsep wysiwyg, pada tahun 1985 Word fo MacIntosh diluncurkan untuk publik dan berhasil mendapat respon yang bagus dari pasar. Namun anehnya. Microsoft tidak mengeluarkan Word for MacIntosh versi 2.0 namun langsung meluncurkan versi Word 3.0 pada tahun 1987. 
Namun sayangnya, Word 3.0 justru mendapat banyak komplain karena mengandung banyak kelemahan. Microsoft terpaksa memberikan secara gratis kepada pelanggannya Word 3.1 yang telah disempurnakan sebagai gantinya. Mungkin inilah tebusan termahal yang pernah dikeluarkan Microsoft akibat kelemahan software yang dijualnya.
Sistem Terpadu
Sejarah MS Word ditandai saat Microsoft meluncurkan Word for Windows versi pertama pada tahun 1989 dengan harga yang sangat mahal. Program pengolah kata yang kemudian dikenal dengan MS Word ini dijual dengan harga 500 dolar AS atau sekitar Rp 5 juta.
Namun meskipun mahal, program ini disambut gembira para pengguna komputer, apalagi setelah Microsoft meluncurkan Windows 3.0 yang ternyata memang disiapkan sebagai sistem operasi bagi Microsoft Word 1.0.
Sejak saat itu Microsoft Word berhasil mengejar ketertinggalannya dan mampu memimpin pasar untuk sistim pengolah kata dengan mengalahkan Word Star maupun Word Perfect.  Sejarah MS Word pun makin gemilang dan menyempurnakan reputasinya setelah Microsoft memadukan program pengolahan kata ke dalam sistem terpadu Microsft Office pada tahun 2003. 
Microsoft Office 2003 ini sekaligus juga mengukuhkan posisi perusahaan milik Bill Gates itu sebagai pemimpin pasar dan perusahaan software terbesar di dunia. Versi terbaru yang dikeluarkan adalah Microsoft Office 2007 yang dirilis pada tanggal 11 Desember 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar